Ikon, Indeks, dan Simbol Semiotika Dalam Kemasan Galon Air Mineral AQUA.
Muhammad Firmansyah Hidayattullah
2125150618

Semiotika adalah kajian mengenai sebuah tanda. Terdapat ratusan, bahkan ribuan tanda yang ada di dunia. Tentunya tanda-tanda tersebut dapat dikaji dengan ilmu semiotika. Semiotika berpandangan bawah sebuah tanda yang ada di dunia memiliki maksud dan makna tertentu. Sebuah tanda mewakili sebuah makna yang ingin disampaikan secara tidak langsung. Atau tidak verbal. Maka dari itu semiotika adalah ilmu yang bermain dengan sebuah tanda-tanda yang ada di dunia. Tanda adalah perangkat yang kita pakai dalam upaya memaknai “makna” yang terkandung didalamnya. Sehingga dalam semiotika hendak mempelajari bagaimana manusia memaknai hal-hal, memaknai berarti bahwa objek-objek itu tidak hanya membawa informasi. (dikutip dari skripsi Cristi Langi “JENIS TANDA DALAM IKLAN PARFUM” Universitas SAM RATULANGI, pada 9 Mei 2018).
Charles Sanders Pierce (1839-1914) mengemukakan teori tentang Tanda yang disebut sebagai teori semiotik. Pierce memperkenalkan istilah semiotik dengan hubungan segitiga triadik, yaitu tanda dipilih (representamen), makna tanda (interpretant) dan objek itu sendiri.
Teori Pierce ini telah menyempurnakan teori Saussure sebelumnya, dimana objek benar-benar merepresentasikan maknanya, misalkan : sebuah sepatu akan diartikan sama oleh semua orang sebagai sepatu, padahal dipikiran setiap orang sepatu itu berbeda-beda, ada sepatu pantofel, heels, boots, dan lainnya.
Sebelum masuk dalam kajian semiotika tentang Ikon , Index, dan Simbol. Peneliti ingin sedikit menjelaskan mengenai arti dari Ikon , Index, dan Simbol. Secara sederhana menurut Serupa.id yang peneliti akses pada tanggal 9 mei 2018 :

1. Ikon 
Ikon merupakan tanda yang memiliki kemiripan "rupa". sebagai mana yang telah ada wujud nyatanya. Penggambaran ikon ada dengan dua cara, yaitu ilustratif (sesuai bentuk aslinya) dan diagramattik (dalam bentuk penyederhanaan).
contoh : pohon, gunung, daun, tempat sampah, buku, dsb.
2. Indeks
Indeks merupakan tanda yang menunjuk kepada sebuah arti, indeks sering juga disebut sebagai "petunjuk".
contoh : marka jalan, lampu lalu-lintas, plang nama jalan, dsb.
3. Simbol
Simbol merupakan tanda yang bersifat mewakili sebuah hal yang lebih besar yang ada dibelakangnya. Simbol juga biasanya menunjukkan arti yang telah disepakati bersama.
contoh : logo perusahaan, simbol-simbol keagamaan (salib, bangunan mesjid, kitab suci), dsb. Dikutip dari Serupa.id (diakses pada 9 Mei 2018).

Kira-kira seperti itulah pengertian dari Ikon,Indeks, dan Simbol dari kajian semiotika.
Peneliti tertarik untuk membahas salah satu tanda pada logo air mineral berbentuk Galon 19L. Sebelum masuk dalam kajian tentang logo AQUA jni, peneliti ingin menjelaskan sedikit teori logo yang dikutip dari penelitian sebelumnya oleh Diah Lukita Sari dengan judul “Analisis semiotika logo Ades”. Logo sebagai media komunikasi visual menggambarkan identitas diri suatu institusi. Logo mengandung nilai-nilai filosofis yang menunjukan jatidiri institusi. Di dalamnya terkandung ruh sekaligus semangat yang merupakan ejawantahan visi dan misi institusi. Jelas bahwa logo harus tampil kuat dalam berbagai media. Kekuatan logo dapat dibangun melalui konsistensi yang dibangun secara sadar dalam berbagai event.(http://is.uad.ac.id/blog/news/apakah-logo-uad-anda-sudah-benar/). 
Logo terus berkembang sampai ditemukannya program komputer yang berkosentrasi pada logo, yaitu sekitar tahun 1960an. Logo saat itu berdiri sebagai alat untuk menyederhanakan hal-hal yang rumit. Pada logo tersebut terdapat banyak tanda yang memiliki makna tertentu. Mungkin sebagian orang tidak bisa dan tidak perduli dengan apa yang terkandung dalam kemasan galon air mineral tersebut. Tetapi jika kita lihat melalui pandangan semiotika, banyak hal yang bisa dikaji. Tentunya berkaitan dengan tanda-tanda yang terlihat secara nyata dengan mata.
Peneliti menggunakan objek yaitu logo pada Galon air mineral AQUA pribadi yang dibeli lewat toko-toko isi ulang. Bukan melalui pabrik langsung. Jadi mungkin saja terdapat perbedaan tanda atau perbedaan bentuk. Peneliti juga melampirkan foto hasil tangkapan layar gawai milik pribadi. Kenapa peneliti tertarik untuk mengangkat logo AQUA ini sebagai penelitian? Karena hampir seluruh masyarakat Indonesia tau dengan produk ini. Produk ini sudah terkenal dibandingkan merk produk air mineral lainnya. Bahkan air mineral produk lain, masyarakat menyebutkan dengan AQUA. Apapun itu jenis merk air mineral tetap orang-orang menyebutkan nya dengan merk AQUA. Karena merk produk ini memang sudah menjamur sejak dulu. Maka dari itu produk ini sudah melekat pada masyarakat. 





Ikon :
Ikon yang terdapat dalam foto di atas adalah :
·       1. Gunung : terdapat gambar gunung yang memiliki makna bahwa air dalam kemasan ini adalah air yang berasal dari pegunungan. Kesegaran air mineral ini seperti air gunung yang bersih.
·         2. Warna biru : biru pada kemasan air mineral ini memiliki makna Kesegaran.
·    3. Hijau : memiliki makna pegunungan yang asri dan indah. Tentunya secara tidak langsung memberi tahu bahwa gunung yang memiliki mata air yang segar adalah gunung yang asri.
·          4. Air : bermakna bahwa kemasan ini berisi air mineral.
·          5. Galon biru : memiliki makna bahwa galon berisi air yang segar.
·          6. Hati : memiliki makna bahwa semua orang mencintai produk ini.
·          7. Putih : memiliki makna kesucian.
·      8. Facebook : sesuatu tanda yang memberi tahu bahwa AQUA memiliki sosial media yang dapat dihubungi.

Indeks :
Indeks yang terdapat dalam foto di atas adalah :
·       1. Tanda orang yang sedang membuang sampah : tanda di atas memiliki makna bahwa benda ini harus dibuang pada tempatnya, tidak sembarangan.
·         2. Barcode : menunjukan kode barang dan harga.
·         3. Tanda daur ulang : Ikon ini memberi makna bahwa benda ini dapat didaur ulang.
·         4.  Isi Bersih : memberikan informasi tentang isi dalam kemasan ini 19L.
·         5. Majelis Ulama Indonesia : menunjukan persetujuan MUI terhadap produk ini.
·     6. Gambar gunung hijau dan biru : menggambarkan sebuah gunung yang indah dan asri, tentunya secara tidak langsung gambar gunung berwarna hijau dan biru ini mewakili sebuah makna bahwa air dalam kemasan ini dari mata air yang baik dan segar.
·  7. Pertunjuk penyimpanan : memberi informasi tentang bagaimana menyimpan kemasan ini.
·     8. Sukabumi 43159 – Indonesia : memberi informasi kemasan galon ini diproduksi di Sukabumi.
·        9. SNI 01-3553-2006 : memberikan informasi tentang kemasan ini produk asli bersandar nasional Indonesia.
·         10 BPOM RI MD 265210006875 : memberi kode informasi produksi air kemasan mineral ini.
·         11. Layanan Konsumen : menunjukan nomor telepon costumer care.
·         12. Air minum dalam kemasan : menunjukan air yang berada dalam kemasan.

Simbol :
Simbol yang terdapat dalam foto di atas adalah :
·        1.  Logo MUI.
·         2. Logo Danone.
·         3. Simbol buang sampah pada tempatnya.
·         4. Simbol daur ulang.
·         5. AQUA.
·         6. Garis lengkung.
·         7. Simbol ® : Simbol ® digunakan jika merek tersebut sudah didaftarkan.
·         8. Simbol Air “Aqua Menyapa”.

Kesimpulan :
Pada gambar kemasan galon merk AQUA di atas, ditemukan 9 ikon, 12 indeks, dan 8 simbol. Tentunya ikon, indeks, dan Simbol yang terdapat dalam kemasan air mineral berbentuk galon tersebut memiliki tujuan atau makna tersendiri. Tanda-tanda tersebut bertujuan untuk menarik para pembeli untuk membeli produk tersebut. Salah satu contohnya adalah galon tersebut berwarna biru. Warna biru pada kemasan tersebut membuat air yang terdapat dalam galon tersebut terlihat menjadi lebih segar. Ditambah gambar ilustrasi gunung yang membuat kemasan ini semakin menarik. 
Hampir pada setiap produk kemasan air mineral (tidak hanya AQUA) memiliki desain kemasan yang sama. Didominasi oleh warna biru dan putih. Mungkin kedua warna ini sangat berpengaruh pada kemasan air mineral itu sendiri. Mangkanya banyak produk kemasan air mineral yang membuat kemasannya itu didominasi oleh warna biru dan putih. Tetapi banyak juga produk lain yang menggunakan warna lain. Seperti warna hijau, dan merah. Sayangnya efek yang lebih menarik itu lebih pada warna biru dan putih. Karena itu melambangkan atau memberikan efek Kesegaran dan kebersihan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMIOTIKA MAKNA PADA LIRIK LAGU MANUSIA KUAT – TULUS

DESKRIPSI WARNA PADA IKON LAYANAN ON-DEMAND GO-RIDE, GO-CAR, GO-FOOD PADA APLIKASI GO-JEK

Ikon, Indeks, dan Simbol Dalam Lambang Centang: Kajian Semiotika