INSTAGRAM SEBAGAI SIMBOL AKTUALISASI MASYARAKAT MODERN: KAJIAN SEMIOTIKA

INSTAGRAM SEBAGAI SIMBOL AKTUALISASI MASYARAKAT MODERN: KAJIAN SEMIOTIKA

M Fakhrul Arifin



         Warga milenial sekarang ini khususnya masyarakat Indonesia sangat dekat kehidupannya dengan segala bentuk alat komunikasi atau gawai dan dengan semakin canggihnya teknologi di dalamnya, termasuk aplikasi-aplikasi seperti sosial media sebagai bentuk dari komunikasi yang menjadi trend karena dengan media sosial seseorang bisa berkomunikasi dan menjalin hubungan yang baru dengan banyak individu-individu yang sebelumnya tidak saling mengenal. Bukan hanya sebatas saling membalas pesan tetapi fitur-fitur yang ditawarkan oleh sosial media sekarang ini juga yang membuat masyarakat semakin banyak menggunakannya seperti layanan video call, sehingga komunikasi dengan mempertimbangkan jarak untuk sekarang ini bukan jadi sebuah persoalan yang besar lagi.
            Apalagi semakin beragamnya media sosial sekarang yang sudah memiliki ciri khas masing-masing dalam produk yang mereka tawarkan dan saling berlomba untuk memasarkan, sehingga masyarakat yang selalu menggunakan gawai beserta layanan internet di dalamnya tidak akan ingin melewatkan momen-momen ini sebagai bentuk dari aktualisasi diri dan banyak alasan lainnya seperti, untuk alat berbisnis. Instagram merupakan aplikasi kenamaan yang lahir pada tahun 2010 kemudian dibeli oleh perusahaan raksasa sosial media yaitu Facebook pada tahun 2012.
     Setelah Instagram berpindah kepemilikan, Instagram mulai mengembangkan fitur-fitur nya, dimana Instagram dulu hanya berfokus untuk publikasi foto-foto dari para penggunanya tetapi seiring berjalannya waktu Instagram semakin besar dan mulai menambah fitur serta konten di dalamnya sehingga banyak pengguna sosial media semakin tertarik untuk memiliki aplikasi ini. Perkembangan pesat tersebut diantaranya, Instagram di dukung dengan fitur Instastory fitur ini dapat membuat kita memberitahu khalayak umum aktifitas apa yang sedang kita lakukan saat ini hanya dengan bentuk video beberapa detik. Seperti fitur dari snapchat yang juga dapat merekam setiap momen yang kita lakukan hanya beberapa detik. 
     Kemudian fitur seperti Instalive dimana kita bisa melakukan siaran langsung dan mempublikasikan aktifitas yang sedang kita jalani saat itu juga kepada pengguna instagram yang lain dan juga dari hal itu kita bisa bercengkrama dengan orang-orang yang kita kenal di kolom interaksi dimana orang-orang yang sedang melihat video siaran kita bisa memberikan komentar. Dan ini salah satu contoh transformasi dari Instagram sejak 2010 hingga kini:

Logo Instagram (2010) 

Fitur instagram (2010), hanya bisa untuk mengunggah foto tanpa tulisan.
 
     Pengertian semiotika secara terminologis adalah ilmu yang mempelajari sederetan luas objek-objek, peristiwa-peristiwa, seluruh kebudayaan sebagai tanda. Peirce memaknai semiotik sebagai studi tentang tanda dan segala yang berhubungan dengan tanda; cara berfungsi (sintatik semiotik) dan hubungan antar tanda (semantik semiotik), serta mengkaji pengirim dan penerimanya oleh mereka yang menggunakan tanda (pragmatik semiotik) (Panuti dan van Zoest, 1996: 5-6).
Peirce memandang adanya relasi triadik dalam semiotik, yaitu antara representamen, object, dan interpretant. Dengan demikian, semiosis adalah proses pemaknaan tanda yang bermula dari persepsi atas dasar (ground; representamen) yang merujuk pada objek, akhirnya terjadi proses interpretant.
Berdasarkan objeknya, Peirce membagi tanda atas:
a.     Ikon
Ikon adalah tanda yang hubungan antara penanda dan petandanya bersifat bersamaan
bentuk alamiah. Atau dengan kata lain, ikon adalah hubungan antara tanda dan objek
atau acuan yang bersifat kemiripan, misalnya, potret dan peta.
b.     Indeks
Indeks adalah tanda yang menunjukkan adanya hubungan alamiah antara tanda dan
petanda yang bersifat kausal atau hubungan sebab akibat, atau tanda yang langsung
mengacu pada kenyataan. Contoh yang paling jelas ialah asap sebagai tanda adanya
api.
c.     Simbol atau tanda sebenarnya
Simbol adalah tanda yang menunjukan hubungan alamiah antara penanda dengan
petandanya, hubungan di antaranya bersifat arbiter, hubungan berdasarkan konvensi
(perjanjian) masyarakat.

            Dan dalam kajian ini saya akan mengungkapkan indeks yang terdapat di dalam instagram sebagai bentuk dari simbol aktualisasi masyarakat modern saat ini. Beserta bukti-bukti suatu hubungan sebab akibat mengenai indeks ini mengapa instagram bisa menjadi suatu trend dalam dunia sosial media di dalam masyarakat Indonesia. Dalam indeks, terdapat hubungan antara tanda sebagai penanda dan petanda yang memiliki hubungan eksistensial atau memiliki sifat-sifat konkret, aktual, sekuensial, kausal, dan selalu mengisyaratkan sesuatu. Simbol menampilkan hubungan antara penanda dan petanda dalam sifat yang arbitrer. Penafsir dituntut untuk menemukan hubungan penandaan secara kreatif dan dinamis. Tanda yang berubah menjadi simbolakan dibubuhi sifat-sifat kultural, situasional, dan kondisional (Rusmana, 2014).
            Indeks yang menjadi sebuah pertanda bahwa instagram digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya para pengguna sosial media di tahun 2018 ini yang menjadikan aplikasi instagram sebagai sebuah trend bagi dunia sosial media karena di dasari dari konten-konten yang ada di instagram. Salah satunya instastory:
Instastory 
 
         Fitur unggah momen foto atau video lewat instastory tanpa perlu melakukan banyak posting di kolom beranda pada profil setiap individu. Yang menjadikan orang-orang berfikir akan kemudahan yang diberikan oleh aplikasi atau platform ini, karena tidak perlu repot lagi untuk membuat pos foto atau momen yang akan membuat profil kita menjadi terlihat padat dan diisi dengan momen-momen yang kadang kita berfikir bahwa hal ini tidak terlalu penting dan hanya untuk sementara saja hal ini untuk dibagikan kepada orang lain.
            Menurut artikel dari (https://brightbalimedia.com/id/articles/tren-instagram-marketing-2018) Instastory membawa pengaruh besar dari instagram di tahun 2018 juga karena, bisa dijadikan sebagai sarana untuk marketing atau promosi mengenai bisnis yang dimiliki oleh setiap pengguna instagram secara cuma-cuma dan publik bisa melihat nya secara leluasa tanpa harus membuka profil dari akun si penjual lagi. Serta penyantuman link web yang dapat dimasukkan ke dalam fitur instastory tersebut yang semakin memanjakan pengguna untuk kemudahan melihat produk yang dimaksud secara detail, bila produk tersebut dicantumkan secara rinci di website terkait yang link nya berada di instatory.
Kemudian dari artikel gawai dan trend media sosial lainnya seperti (https://starngage.com/alasan-mengapa-instagram-stories-adalah-media-terbaik-untuk-beriklan/) dijelaskan bahwa instastory sangat membawa pengaruh terbesar sebagai penanda terjadinya revolusi di dalam tubuh instagram sehingga instagram menjadi salah satu sosial media yang cukup diperhitungkan karena kelengkapannya fitur instastory di dalamnya. Mulai dari fitur Gif (Gambar bergerak), hashtag dan lokasi dapat tampil di kolom explore sehingga dapat menjadi prioritas dalam kolom pencarian, sampai ke fitur jajak pendapat atau polling sehingga banyak pengguna yang tertarik untuk membagikan apapun yang mereka suka dan dapat meminta penilaian kepada publik atau setiap relasi yang telah dikenal seperti teman atau keluarga.
           Indeks dari instagram ini adalah instastory yang menjadi pemicu peningkatan pengguna instagram meningkat pesat di tahun 2018 di kalangan masyarakat Indonesia modern sehingga menjadi trend yang nyata dalam dunia sosial media. Fitur instagram yang lain hanyalah pelengkap dari besarnya efek yang diberikan oleh instastory terhadap penggunaan aplikasi atau platform instagram sebagai alat untuk aktualisasi dari generasi milenial sekarang ini. Diluar dari banyaknya sosial media yang ada saat ini seperti facebook, twitter, whatsapp dll. Instagram memberikan warna tersendiri di dunia sosial media sekarang ini sebagai fasilitas aktualisasi yang penuh dengan ide inovatif dan memudahkan banyak orang untuk saling berbagi aktifitas atau hal-hal yang disukai dengan cara yang menarik.



Daftar Pustaka
-         -  MAKNA POSTER DI TANAH KAMI NYAWA TAK SEMAHAL TAMBANG (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE PADA POSTER KASUS PEMBUNUHAN SALIM KANCIL) Vivi Ramalia1, Dr. Dewi K. Soedarsoni, M.Si2, Diah Agung Esfandari, B. A. M.Si3. Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom

-       -  Tren Instagram Marketing 2018 (https://brightbalimedia.com/id/articles/tren-instagram-marketing-2018) [Artikel] 

-Alasan Mengapa Instagram Stories Adalah Media Terbaik untuk Beriklan (https://starngage.com/alasan-mengapa-instagram-stories-adalah-media-terbaik-untuk-beriklan/) [Artikel] 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMIOTIKA MAKNA PADA LIRIK LAGU MANUSIA KUAT – TULUS

DESKRIPSI WARNA PADA IKON LAYANAN ON-DEMAND GO-RIDE, GO-CAR, GO-FOOD PADA APLIKASI GO-JEK

Ikon, Indeks, dan Simbol Dalam Lambang Centang: Kajian Semiotika